Inilah Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

Biasanya para travelling sering menanjak di gunung yang mempunyai tantangan. Biasanya cuaca di daerah pegunungan jauh lebih dingin setiap kamu naik keatas. Makanya terkadang ada pendaki yang tidak kuat untuk meneruskan pendakiannya. Tapi bagi sebagian pendaki yang menyukai tantangan, semakin menantang semakin mereka bertekat untuk mencapai puncak nya. Yuk simak apa saja gunung tertinggi yang ada di Indonesia. 

1. Puncak Jayawijaya

Gunung Jayawijaya, Papua
Menjajaki urutan pertama d daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia bukanlah tanpa alasan. Puncak yang terdapat di Pegunungan Sudirman ini memiliki tinggi hingga 4.884 meter di atas permukaan air laut. Dengan ketinggian seperti ini, Jayawijaya tak hanya dikenal di Indonesia, namun juga terkenal sampai ke seluruh Dunia. Bila kamu beranggapan bahwa di iklim tropis tak mungkin ada salju, maka kamu perlu meralat pemikiran tersebut usai mengunjungi Puncak Jayawijaya karena di sini puncaknya dipenuhi dengan salju.

Puncak Jaya atau Jayawijaya ini juga dikenal dengan nama Carstensz Pyramide yang diambil dari nama seorang petualang dari Belanda yakni Jan Carstensz. Dia adalah orang yang pertama kali melihat bahwa memang ada puncak gunung bersalju di wilayah tropis, lebih tepatnya lagi, di Papua.

2. Puncak Mandala

Gunung Mandala, Papua
Penakluk Puncak Mandala ialah Heinrich Harrer serta Philip Temple pada tahun 1962. Gunung tertinggi di Indonesia yang ada di peringkat ke dua ini juga berada di Papua. Ketinggian gunung yang terletak di Kabupaten Pegunungan Bintang ini mencapai 4.760 meter di atas permukaan air laut.

Pada masa penjajahan Belanda, pegunungan ini dikenal dengan nama Julianatop atau Puncak Juliana. Pada bagian Puncak Mandala dulunya juga dipenuhi dengan salju, namun saat ini disebutkan bahwa sudah tidak ada salju lagi di sana.

3. Puncak Trikora

Gunung Trikora, Wamena
Gunung yang menduduki peringkat ketiga dari daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia ternyata masih berada di Papua dengan ketinggian 4.750 meter di atas permukaan air laut.

Bagi kamu yang mau mencoba mendaki Gunung Trikora yang memiliki nama lain Gunung Wilhelminaini ini, titik awal untuk pendakian adalah di kota Wamena yang berada di Lembah Baliem. Seperti halnya dengan Puncak Mandala, dulu Puncak Trikora juga dipenuhi dengan salju namun lenyap pada tahun 1962.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit, Papua
Mengikuti 3 gunung sebelumnya, gunung tertinggi di Indonesia urutan nomor 4 masih berada di Papua, yakni Gunung Ngga Pilimsit dengan ketinggian 4.717 meter di atas permukaan air laut. Gunung yang awalnya dikenal dengan nama Idenburg ini berlokasi di bagian barat Pegunungan Maoke. Gunung ini berjarak kurang lebih 21 kilometer ke arah timur laut dari Puncak Jaya.

5. Gunung Yamin

Gunung Yamin, Papua

Pada nomor 5 gunung tertinggi di Indonesia rupanya juga diduduki oleh Gunung Yamin yang berlokasi di pulau Papua dengan ketinggian 4.595 meter di atas permukaan air laut dan pada bagian puncaknya tertutup salju sama halnya dengan Puncak Jayawijaya. Suhu pada bagian puncak gunung ini kurang lebih sekitar 5° Celcius. Gunung ini juga dikenal dengan nama Prins Hendrick.

6. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci, Papua
Jika gunung tertinggi di Indonesia nomor 1 hingga 5 berada di Papua, maka peringkat 6 dari 10 gunung tertinggi di Indonesia kali ini berada di Jambi, Sumatera. Selain tercatat sebagai gunung tertinggi nomor 6 di Indonesia, Gunung Kerinci juga tercatat sebagai gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan air laut.

Tercatat pada bulan Mei 2016, terdapat peningkatan aktivitas pada gunung yang pertama kali ditemukan pada tahun 1877 ini, sehingga wisatawan dilarang melakukan aktivitas apapun di dekat puncak kawah aktif.

7. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Siapa yang tak mengenal Gunung Rinjani? Gunung yang terkenal sebagai gunung terindah di Indonesia ini ternyata memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan air laut dan berada di kawasan Lombok di Nusa Tenggara Barat.

Pada gunung ini terdapat danau kawah bernama “Segara Anak”. Walau berada pada ketinggian ribuan meter, air yang ada di Danau Segara Anak tidak terasa dingin karena hawa panas dari dasar gunung. Erupsi aktif terakhir yang terjadi pada Rinjani adalah pada tahun 2016 (lebih tepatnya Gunung Barujari, anak gunung Rinjani).

8. Gunung Semeru

Gunung Semeru, Jawa Timur

Pada peringkat 8 gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Semeru menyabetnya tanpa ragu-ragu. Puncak Mahameru selalu menjadi incaran bagi para pendaki. Gunung ini juga pernah menjadi lokasi syuting untuk film lokal berjudul “5 CM” yang dibintangi Herjunot Ali, Fedi Nuril, dan Raline Shah.

Dengan ketinggian sekitar 3.700 meter di atas permukaan air laut, Semeru memiliki berbagai tantangan dan cerita sendiri. Seperti misalnya Ranu Kumbolo yang konon terdapat ikan mas di sana. Masyarakat sekitar meyakini bahwa ikan mas yang berada di sini merupakaan jelmaan dari para dayang dewi penunggu danau. 

Karena kepercayaan unik tersebut, di area ini ada larangan menangkap ikan. Konon, bila kamu melanggar aturan ini, maka bersiap-siap saja akan tertimpa hal aneh. Tak hanya ikan mas, namun di danau yang indah ini juga menyimpan cerita tentang sosok hantu wanita yang sering muncul di tengah Ranu Kumbolo setiap malam bulan purnama.

9. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar, Nusa Tenggara Barat
Di peringkat kesembilan dari 10 gunung tertinggi di Indonesia, Nusa Tenggara Barat kembali mempersembahkan wakilnya yaitu Gunung Sanggar. Namun sayang, walau termasuk salah satu gunung yang paling tinggi di Indonesia, gunung cantik ini ternyata tidaklah seterkenal “kakaknya”, Rinjani.


Dengan ketinggian 3.564 meter di atas permukaan air laut, Gunung Sanggar tercatat sebagai salah satu dari jajaran gunung tertinggi di Indonesia. Walaupun namanya tak sepopuler Gunung Rinjani, namun keindahan yang disajikan oleh gunung ini sangatlah layak dijajal dan diperjuangkan oleh para pendaki yang tergugah akan sensasi “berada di atas awan”.

10. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong, Sulawesi
Pada peringkat terakhir, ada sebuah gunung yang berlokasi di Sulawesi. Gunung yang memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 11.410 kaki ini merupakan gunung tertinggi nomor wahid di Pulau Sulawesi. Letak gunung Latimojong adalah di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya berada di Kabupaten Enrekang. Selain merupakan titik tertinggi di pulau Sulawesi, di pegunungan ini kamu dapat menemui banyak hewan seperti misalnya Anoa dan juga Babirusa.(diahanggra, anekatop10.com, wikipedia.com, berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia"

Posting Komentar