Negara Dengan Suhu Terpanas di Dunia

Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent.

Setiap negara mempunyai iklim yang berbeda-beda. Ada yang memiliki iklim tropis, dingin, dan sebagainya. Misalnya Indonesia, Indonesia mempunyai iklim tropis dan suhu nya juga terasa panas. Tapi tahukah anda? ada beberapa negara dengan suhu yang super panas. Bisa di bayangkan, Indonesia saja sudah lumayan panas bagai mana negara-negara yang dinobatkan negara terpanas di dunia. Yuk langsung saja simak!

1. Negara Irak

Irak
Irak pernah mengalami suhu panas pada tahun 2010, sehingga Merkuri mencapai suhu 520 ◦ C di Basra pada tanggal 14 Juni. Negara ini biasanya mengalami musim panas yang kering dan musim dingin yang basah. Kadar hujan di Sebagian besar negara ini sekitar 10 inci per tahun. 

2. Negara Iran

Iran
Negara ini juga dikenal memiliki iklim panas, terutama di Gurun Luth. Di bagian dari negara ini telah tercatat suhu naik sampai 71 ◦ C. 

3. Negara Arab Saudi

Arab Saudi

Pada tahun 2010, Arab Saudi mengalami tahun yang amat panas. Di Jeddah suhu naik hingga 52 ◦ C. Gelombang panas ini disertai dengan badai pasir. Ini menyebabkan pemadaman listrik utama di 8 pembangkit listrik di negara ini. 

4. Negara Ethiopia

Ethiopia
Negara ini dianggap salah satu yang terpanas di dunia. Danakil Depression adalah gurun dengan area lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut. Daerah ini ditandai dengan gelombang panas dan juga tremor bumi. Suhu Udara di sini bisa meningkat sampai dengan 63 C. 

5. Negara Libya

Libya

Negara Libya salah satu negara terluas dan terbesar yang ke-4 di Afrika. Libya berada dengan khatulistiwa dan dianggap menjadi negara terpanas di dunia.Tanah dari wilayah negara ini sebagian besar ditutupi oleh padang pasir gersang dan panas. 


Di ibukotanya, Tripoli, suhu tinggi rata-rata sekitar 30 ◦ C di musim panas. Angin disebut Ghibli mampu mengubah suhu menjadi sekitar 40 ◦ C sampai 50 ◦ C. 

6. Negara Aljazair

Aljazair
Aljazair mengalami suhu yang sangat panas. Bahkan selama musim dingin, suhunya masih panas dan lembab. Suhu diketahui melebihi 50 ◦ C di negara ini. 

7. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Beberapa daerah di Amerika Serikat yang panas, terutama Death Valley, California. Suhu rata-rata 48 ◦ C selama musim panas. Daerah ini merupakan padang pasir tandus yang memiliki rata-rata hujsn 5 cm per tahun. (diahanggra, wikipedia.com, 7topranking.com, berbagai sumber)

Nah itu lah negara terpanas di dunia. Semoga bermanfaat yaa.. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara Dengan Suhu Terpanas di Dunia"

Posting Komentar